.: Article :.
25 Mei : Konflik Lahan
24 Feb : KIM-BUN
10 Feb : GUREM
.: Article :.
 1 2 3 >  Last ›
05 Mei 2021

UNTUK APA MEMILIKI KALAU TIDAK BISA MEMANFAATKANNYA?

02 Mei 2021

Ari cai murag ti langit, atuda geus kuduna kitu. Ari cai di jero walungan palid ti mimiti sirah cai di puncak gunung terus mapay walungan nepi ka laut, éta ogé geus sunatullahna kitu. Kabéh tunduk ka hukum gravitasi. Naon akibatna? Gampang ngajawabna, nyaéta lamun urang rék ngojay ka girang meureun urang téh bakal ngalawan hukum alam ku ayana gravitasi bumi. Lamun tanaga urang keur “ngojay ka girang” di hiji walungan téh kurang kuat ngalawan arus éta cai walungan, bororaah urang bisa nepi ka girang, dina waktu teu lila ogé meureun urang malahan bakal palid kabawa ku cai walungan ka lebah hilir. Lamun urang teu bisa ngojay, urang bakal kabawa palid ka hilir walungan bisa-bisa urang bakal kaleungitan nyawa.

14 April 2021

WARISAN PROF. DR. SAJOGYO DI BIDANG PANGAN DAN GIZI RAKYAT DANREAKTUALISASINYAUNTUK MEWUJUDKAN KEMERDEKAAN PETANI DAN KEMERDEKAAN BANGSA DEWASA INI

04 Februari 2020

Umumnya orang jijik jika berbicara mengenai lalat. Namun siapa sangka, lalat hitam (black soldier flies) memiliki peluang bioindustri yang masih terbuka lebar dan menunggu dikembangkan. Seperti yang diungkapkan oleh Komandan Black Soldier Flies (BSF), Agus Pakpahan saat Forum Diskusi “Prospek Bioindustri Maggot BSF dan Bioflok sebagai Sumber Pakan dan Pupuk” di Kantor Tabloid Sinar Tani, Kamis (07/8). Menurutnya, BSF bisa menjadi “obat” bagi bangsa tropika. Bukan sebagai penyembuh penyakit tetapi pencegah penyakit. “Lalat hitam ini bisa mengubah sampah organik dari peternakan, rumah tangga, pasar menjadi sesuatu yang lebih berguna. Dan sumber penyakit dari bangsa tropika datang dari sampah,” tukasnya.

04 Februari 2020

Industri pangan harus berkembang dan maju, tapi janganlah ia membunuh energi diri sendiri. Agus Pakpahan - Profesor Riset Bidang Ekonomi Pertanian; Ketua Umum PERHEPI 2000-2003; Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian 1998-2003; Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Agroindustri, Kehutanan, Kertas, Percetakan dan Penerbitan, Kementerian BUMN 2005-2010; Ketua Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik 2010-2018 TABLOIDSINARTANI.COM - "Siapa yang lebih pintar, apakah ayam kampung atau manusia?", kakek saya bertanya. "Kalau manusia tidak mampu menghidupi dirinya dan anak-anaknya, maka ayam kampung lebih pintar dari manusia," kakek saya menjawab pertanyaannya sendiri. Begitulah cara kakek mengajari saya ketika saya diajak menemani beliau ke kebun atau ke tempat lain semasa saya masih kanak-kanak.

 1 2 3 >  Last ›