.: Column :.
16 Feb : Kelaparan
25 Mei : Motivasi
.: Column :.
 1 2 3 >  Last ›
11 November 2017

Presiden Joko Widodo dalam Nawacita butir ke tiga menyatakan bahwa akan membangun Indonesia dari pinggiran yang selama ini tertinggal dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

14 September 2015

Apa makna kebakaran hutan dan lahan sebagaimana yang terjadi dewasa ini? Apakah ada faktor kesengajaan, termasuk pembiaran, sehingga kebakaran hutan di Indonesia terus terjadi? Kalau jawabannya "ya" ada faktor kesengajaan termasuk pembiaran di dalamnya, maka tingginya peradaban kita yang sering kita agungkan itu sedang berada dalam kancah pengujian yang serius tentang kebenarannya.

30 Juli 2015

"Apakah ada hubungan antara pertanian, pangan, dan kemerdekaan?" Pertanyaan kawan saya itu memicu pikiran untuk menulis artikel ini, menjelang perayaan ulang tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-70 pada 17 Agustus 2015.

22 Mei 2015

Akhir-akhir ini berkembang pemikiran agar Perum Bulog dibubarkan saja. Tulisan ini mencoba menyampaikan pemikiran bahwa struktur perusahaan umum (Perum) bisa memiliki kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa yang memiliki sifat public goods. Penulis mencoba menggunakan teori bahwa kinerja atau performa (performance) yang kita amati adalah hasil dari perilaku (behavior) di mana perilaku tersebut dikondisikan oleh struktur (structure) yang dibangun dan daya kendali struktur untuk mengendalikan perilaku ditentukan oleh sumber-sumber interdependensi dari para partisipan (Situation) (Schmid, 1978;1987).

04 Mei 2015

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa Bulog didirikan untuk menjadi lembaga kedaulatan atau ketahanan pangan nasional yang bisa dan kuat menjamin terwujudnya sistem pangan nasional. Bahkan Bulog juga menjadi tonggak penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mengingat produsen pangan nasional pada umumnya adalah petani, yang secara garis besar merupakan petani miskin. Karena itu, Bulog merupakan institusi strategis dalam pengembangan logistik pangan dalam arti yang seluas-luasnya.

 1 2 3 >  Last ›