.: Column :.
16 Feb : Kelaparan
25 Mei : Motivasi
.: Column :.
 < 1 2 3 4 5 >  Last ›
23 Maret 2020

Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln membuat empat keputusan mendasar untuk membangun pertanian Amerika Serikat sehingga AS bisa bergerak menjadi negara maju dan adidaya.

05 Februari 2020

Ada tujuh butir intisari untuk mewujudkan “Pertanian Berkebudayaan Industri” Agus Pakpahan - Institutional Economist TABLOIDSINARTANI.COM - Industrialisasi bukanlah berarti membangun pabrik dimana-mana.Kalau membangun pabrik semata, kita telah banyak melakukannya.

04 Februari 2020

Topik korporatisasi (corporatization) dipilih mengingat topik ini memiliki dimensi sangat strategis. Korporatisasi dipahami sebagai proses membangun institusi ekonomi yaitu korporat (badan usaha). Sifat korporat ini bisa inklusif atau eksklusif, bisa pula eksploitatif atau sebaliknya, dipandang dari kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Peran korporat sangat menentukan kualitas kehidupan dan perkembangan suatu negara. Indonesia mewarisi bangun ekonomi dualistik. Bangun ekonomi ini dirancang dan diwariskan oleh pihak kolonial dengan sifat intrinsiknya yang selain eksploitatif dan eksklusif juga menciptakan politik ekonomi pembangunan yang tidak bisa melihat potensi rakyat seperti petani. Misal, kontribusi petani padi dalam setahun lebih dari 70 juta ton gabah kering panen. Apabila nilai gabah adalah Rp 5000 per kilogram, maka petani padi telah memberikan kontribusi Rp 350 triliun. Nilai ini 3.15 kali dari nilai pendapatan BRI pada 2018 yaitu Rp 111 triliun. Tetapi dengan data tersebut kita tidak bisa melihat nilai besar yang bisa dibangkitkan untuk estafet pembangunan berikutnya.

04 Februari 2020

Pangan lebih dari sekedar komoditas yang diperjualbelikan di pasar. Kita harus melihatnya dari sudut pandang yang lebih mendasar lagi. Agus Pakpahan - Profesor Riset Bidang Ekonomi Pertanian; Ketua Umum PERHEPI 2000-2003; Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian 1998-2003; Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Agroindustri, Kehutanan, Kertas, Percetakan dan Penerbitan, Kementerian BUMN 2005-2010; Ketua Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetik 2010-2018 TABLOIDSINARTANI.COM - Padi lebih bernilai dari emas. Ungkapan ini tidak berlebihan karena memang kalau kita tidak punya emas, tetapi masih ada cukup makanan, kita masih hidup dan masih bisa mengembangkan diri sebagai manusia yang berguna.

04 Februari 2020

Rancang bangun institusi lahan perkebunan besar berlandaskan HGU tidak mendorong atau menjamin akan lahirnya Industri hilir berbasis kelapa sawit sebagai sumber nilai tambah ekonomi regional atau nasional. TABLOIDSINARTANI.COM - Perkembangan dunia telah terjadi demikian cepat dan demikian kompleks. Dalam kompleksitas tersebut kita sering melihat bahwa pangkal utama dari perubahan tersebut adalah teknologi atau ilmu pengetahuan. Hal tersebut tentu tidak keliru. Namun demikian, apabila kita perhatikan Iebih mendalam bahwa di balik perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut terdapat hal yang tidak terlihat oleh mata telanjang karena ia bukan berupa benda yang bisa diraba.

 < 1 2 3 4 5 >  Last ›