.: Column :.
16 Feb : Kelaparan
25 Mei : Motivasi
.: Column :.
‹ First  < 22 23 24 25 > 
04 Februari 2010

Dalam pandangan ekologi, manusia adalah bagian dari ekosistem alam. Apabila terjadi satu atau mata rantai alam yang terputus, maka ekosistem alam akan terguncang, dunia akan bergerak ke arah keseimbangan yang baru. Apakah keseimbangan baru itu akan menjadi suatu posisi yang lebih baik, tergantung pada apakah kekuatan atau energi untuk kembali ke posisi yang baik lebih besar daripada energi atau kekuatan sebaliknya.

04 Februari 2010

HASIL pembangunan ekonomi itu dapat diibaratkan sebuah kue. Jumlah total kue ini adalah 100 % dengan jumlah nilai nominal bisa berubah dari waktu ke waktu. Kue tersebut dikerjakan oleh 100 % tenaga kerja yang jumlah nominalnya juga dapat berubah dari waktu ke waktu.

04 Februari 2010

Next to the desk in my office, a garuda, Indonesia's national bird, hangs holding a ribbon that says: Bhinneka Tunggal Ika -- Unity in Diversity. I also hang the same state symbol in my living room at home.

03 Februari 2010

It was C. Geertz who in 1970 used the term involution to describe Indonesia's agricultural industry. One of the meanings of involution in Webster's' New Collegiate Dictionary is ""a shrinking or a return to a former size"". Geertz used involution in this way, to show that the increasing productivity of farms was, in the end, hurting the farmers' welfare.

03 Februari 2010

"Ayam kampung" adalah suatu ilustrasi karakter, spirit, jiwa, dan kemampuan untuk bisa hidup sendiri dari alam tempat kita hidup-berdiri. Masyarakat "ayam kampung" adalah masyarakat yang rajin dan tahu bagaimana mengatur diri sendiri. Pagi hari ia bernyanyi, keluar dari kandang, mengasuh anak-anaknya sambil mencari makan. Di sore hari, mereka kembali ke kandang sendiri, tak merepotkan. Begitulah "ayam kampung", yang karakternya sering kita lupakan, padahal sangat penting sekali untuk diteladankan.

‹ First  < 22 23 24 25 >