.: Column :.
16 Feb : Kelaparan
25 Mei : Motivasi
.: Column :.
 < 1 2 3 4 >  Last ›
27 April 2015

Tulisan ini ingin m e n g a j a k pembaca dan kita semua untuk menyadari bahwa walaupun di Barat tahapan industrialisasi sudah masuk ke dalam industrialisasi tahap ketiga, kondisi di kita masih berada pada tahap awal industrialisasi di Barat. Perbedaannya hanyalah pada lingkungan industrialisasi di mana sekarang kita berada, yaitu sudah sama sekali berbeda dengan situasi pada abad ke-19 ketika industrialisasi di Barat sedang memuncak.

12 Maret 2015

“Europe has set out its plans to foster a ‘green economy’ by 2020 focused around recycling,” wrote Nicky Gregson and others in 2014. They argued that a recycling economy would generate triple virtues: stopping waste being “disposed” of in poor countries, decoupling economic prosperity and creating a new employment wave in recycling industries.

15 Februari 2015

Kalau dilihat dari kacamata sejarah, memang bangsa kita ini dapat dikatakan belum bisa mencatatkan sejarah gemah ripah lohjinawi tata tentrem kerta raharja. Bahkan dalam bidang pemenuhan kebutuhan pokok, khususnya pangan, kalau tidak dapat dikatakan pas-pasan, kita ini masih kekurangan. Tapi kemerdekaan merupakan jembatan emas untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

02 Februari 2015

Tulisan Fachry Ali berjudul "Jokowinomics" dan Pangan" yang mengulas ketahanan pangan dari konteks sejarah penjajahan me- rupakan hal yang penting untuk menjadi bahan penelaahan ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain setelah berpacu kurang-lebih 70 tahun sejak Perang Dunia Ke-II berakhir. Mengapa Korsel dan Taiwan bisa "ter- bang" meninggalkan Indonesia padahal era sebelumnya berada pada posisi tingkat pendapatan per kapita setara atau bahkan di bawah Indonesia?

22 Desember 2014

BERADA di antara tumpukan sampah dan ribuan lalat serta belatung, bagi banyak orang jadi hal yang menjijikkan. Namun, Prof Agus Pakpahan (58) justru menikmatinya. Ia bahkan menjadi komandan bagi ribuan lalat dan belatung untuk mengurai sampah organik.

 < 1 2 3 4 >  Last ›