.: Book's Detail :.
Freedom for Farmers Freedom for All
Pengarang : [ Dr. Agus Pakpahan ]
No Buku:
Penrbit: PT Ideals Agro Abrar
Tahun Terbit: 2007
Bahasa: Indonesia
Ukuran Buku: 331 halaman
- Tentang Buku -

Membahas petani memang tidak pernah terlepas dari yang namanya kemiskinan. Herannya, petani yang begitu banyak menyumbang bagi kehidupan ini, malah kehidupannya sendiri tidak pernah mendapat perhatian. Mereka tetap menjadi penduduk miskin di negeri ini.

Ada suatu gambaran jelas yang menunjukkan petani di Indonesia lebih miskin dibandingkan dengan petani pada tahun 1950-an. Pada tahun 1950-an hingga 1960-an satu kuintal beras (100 kg) sama nilainya dengan 10 gram emas.

Dalam keadaan seperti ini, para petani tentu saja mampu mengirimkan anak-anaknya untuk sekolah ke perguruan tinggi. Sekarang, keadaannya sudah sangat berbeda, untuk mendapatkan satu gram emas, petani harus menjual satu kuintal beras (100 kg). Bagaimana mungkin mereka bisa menyekolahkan anaknya. Petani tetap berada di dalam jurang kemiskinan.

Itulah gambaran petani Indonesia yang ditampilkan dalam buku Freedom for Farmers Freedom for All yang ditulis Agus Pakpahan. Gambaran yang menunjukkan bahwa petani kita dengan kesendiriannya, tanpa bantuan pemerintah tidak akan mampu meningkatkan taraf hidupnya. Petani memang harus dibantu, harus ada kemauan politik dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Kenyataannya, petani Indonesia saat ini jauh lebih miskin dibandingkan dengan petani 40 tahun yang lalu.

Buku yang ditulis dalam bahasa Inggris ini mengulas bagaimana sebenarnya upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani agar mereka menjadi manusia bebas dalam menjalankan kehidupannya. [M-5]

 

Buku ini sudah out of print, namun jika pembaca menginginkan edisi cetaknya, dapat menghubungi tim media web ini (Hadi Winarto), dengan mengganti ongkos cetak dan ongkos kirim.

Tim Media
www.aguspakpahan.com
email : hadi.win@gmail.com
atau via sms (sms only): 08165444066