Detail Berita

Pemerintah Bangun Dua Pabrik Gula

28 January 2010

26/08/2009 - 10:55

Makarius Paru

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah rencananya akan membangun dua pabrik gula di dua lokasi berbeda, Banyuwangi dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi atas terus merosotnya produksi gula dalam negeri.

Deputy Meneg BUMN bidang Agro Industri, Agus Pakpahan menjelaskan rencana membangun 2 Pabril Gula, satu di Banyuwangi dan satu di NTB akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Artinya ada perluasan areal dan penambahan jumlah pabrik. Di Jawa luas areal juga masih bisa bertambah dan kapasitas Pabrik Gula akan ditingkatkan. Kunci utama di Jawa adalah meningkatkan produktivitas tebu dan rendemen di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIYogyakarta," terang Agus di Jakarta, Kemarin.

Agus melanjutkan selama 10 tahun terakhir, khususnya 5 tahun terkahir telah terjadi peningkatan luas areal perkebunan tebu di Jawa dan juga peningkatan produktivitas, khususnya di Jatim.

Tambahnya, Insya Allah pada 2014 mendatang diharapkan telah terjadi peningkatan produksi gula sekitar 1 juta ton, sehingga produksi gula 2009 diperkirakan mencapai 2.7 juta ton.

Kalau meningkat 1.5 juta ton selama 2009 ke 2014 (5 tahun ke depan) maka produksi gula Indonesia akan mencapai sekitar 4.2 juta ton. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di tingkat kebun dan pabrik. [hid]